EVALUASI DAN
PENGUKURAN DALAM PENGAJARAN BAHASA
RUBRIK TES
PERFORMANSI
Dosen Pengampu
Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.
Pd.
Dr. Sri Harini Ekowati, M. Pd.

Disusun Oleh:
Arista Mayang Sari
7316167147
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA (A)
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
2017
RUBRIK PENILAIAN TES PERFORMANSI
BAHASA INDONESIA
DRAMA
BAHASA INDONESIA
DRAMA
ASPEK PENILAIAN
|
SKOR
|
NILAI
|
||
1
|
AKTING
|
VOKAL
|
(1-20)
|
20
|
PENGUASAAN KARAKTER
|
(1-20)
|
20
|
||
PENEMPATAN DIRI (BLOKING)
|
(1-20)
|
20
|
||
2
|
PROPERTI
DAN KOSTUM
|
(1-10)
|
10
|
|
3
|
TATA
MUSIK
|
(1-15)
|
15
|
|
4
|
NARATOR
|
(1-10)
|
10
|
|
5
|
PENYUTRADARAAN
|
(1-5)
|
5
|
|
TOTAL SKOR
|
|
100
|
Keterangan:
1.
Nilai Keterampilan =
x 100

2.
Nilai sikap
dikualifikasikan menjadi predikat sebagai berikut:
SB (Sangat Baik) = 91 – 100 C
(Cukup) = 60 – 74
B (Baik) = 75 – 90 K
(Kurang) = < 60
Jakarta,
April 2017
Guru Penguji
Arista Mayang Sari, S.Pd.
Pedoman Penilaian Guru
1.
AKTING
SKOR
|
KRITERIA PENILAIAN
|
16-20
|
Hampir semua
pemain suaranya terdengar jelas, variasi intonasi yang sesuai dan artikulasi
jelas.
|
11-15
|
Hanya setengah
pemain yang suaranya terdengar jelas, variasi intonasi yang sesuai dan
artikulasi jelas.
|
6-10
|
Hanya beberapa
pemain yang suaranya terdengar jelas, variasi intonasi yang sesuai dan
artikulasi jelas.
|
1-5
|
Lebih banyak
pemain yang suaranya tidak terdengar jelas, tidak terdapat variasi intonasi
yang sesuai serta artikulasi yang kurang jelas.
|
2.
PROPERTI
DAN KOSTUM
SKOR
|
KRITERIA PENILAIAN
|
8-10
|
Terdapat properti
dan kostum yang mendukung cerita
|
4-7
|
Terdapat properti
namun kurang mendukung, kostum cukup mendukung cerita.
|
1-3
|
Tidak terdapat
properti, kostum kurang mendukung
|
3.
TATA
MUSIK
SKOR
|
KRITERIA PENILAIAN
|
11-15
|
Musik bervariasi
dan sangat mendukung suasana cerita.
|
6-10
|
Terdapat variasi musik,
namun kurang mendukung suasana cerita.
|
1-5
|
Tidak terdapat
musik atau hanya terdapat musik di awal dan akhir saja.
|
4.
NARATOR
SKOR
|
KRITERIA PENILAIAN
|
8-10
|
Volume lantang,
artikulasi jelas, serta intonasi sesuai.
|
4-7
|
Volume lantang,
artikulasi kurang jelas, serta intonasi kurang sesuai.
|
1-3
|
Volume kurang
lantang, artikulasi kurang jelas, serta intonasi kurang sesuai.
|
5.
PENYUTRADARAAN
SKOR
|
KRITERIA PENILAIAN
|
5
|
· Adegan demi adegan berjalan lancar,
perpindahan tempat setiap pemain teratur, ekspresi dan gesture pemain sangat
membangun cerita dan tidak bloking.
· Musik, properti, kostum serta narator cukup
baik dalam mendukung cerita.
|
4
|
· Adegan demi adegan berjalan lancar,
perpindahan tempat setiap pemain teratur namun sedikit bloking.
· Musik, properti, kostum serta narator cukup
baik dalam mendukung cerita.
|
3
|
· Adegan demi adegan berjalan lancar,
perpindahan tempat setiap pemain kurang teratur dan sedikit bloking.
· Musik, properti, kostum serta narator kurang
mendukung cerita.
|
2
|
· Perpindahan adegan kurang tertata,
perpindahan tempat setiap pemain kurang teratur dan bloking.
· Musik, properti, kostum serta narator kurang
mendukung cerita.
|
1
|
· Perpindahan adegan tidak tertata,
perpindahan tempat setiap pemain tidak teratur, serta pemain dominan bloking.
· Musik, properti, kostum serta narator tidak
mendukung cerita.
|
Komentar
Posting Komentar