Tes Percakapan
Bahasa Arab
(Keterampilan
Berbicara Siswa kelas VIII Tsanawiyah)
Diajukan sebagai
Tugas Mata Kuliah Evaluasi dan Pengukuran dalam Pengajaran Bahaa dan Sastra
Dosen Pengampu :
Prof. Dr. Endry
Boeriswati, M.Pd dan Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd
Oleh : Khoerunnisa
(7316167566)
Pendidikan Bahasa
Reguler A Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
Lakukanlah percakapan tentang “الهِÙˆَايَØ©” (Hobi)
Rubrik Penilaian Percakapan
Kriteria
|
Skor
|
Keterangan
|
1.
Pelafalan
|
1
|
Hampir selalu keluar dalam pelafalan sehingga tidak dapat
dimengerti
|
2
|
Sulit dimengerti karena ada masalah dalam pelafalan dan
frekuensinya sering
|
|
3
|
Ada masalah dalam pengucapan sehingga membuat pendengar harus
fokus dan kadang-kadang menimbulkan kesalahfahaman
|
|
4
|
Lafal dapat difahami meskipun dengan aksen tertentu
|
|
2.
Tata bahasa
|
1
|
Tata bahasa sangat buruk sehingga percakapan sangat sulit
difahami
|
2
|
Banyak terjadi kekeliruan tata bahasa yang mempengaruhi arti
harus menyusun ulang kalimat percakapan
|
|
3
|
Terjadi beberapa kekeliruan tata bahasa namun tidak berpengaruh
terhadap arti
|
|
4
|
Hampir tidak ada kekeliruan tata bahasa
|
|
3.
Kosa Kata
|
1
|
Kosakata sangat terbatas sehingga tidak memungkinkan terjadinya
dialog
|
2
|
Menggunakan kosakata yang salah sehingga tidak dapat difahami
|
|
3
|
Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat sehingga dialognya
menjadi terbatas karena kosakata yang terbatas
|
|
4
|
Kadang-kadang pelafalan tidak tepat dan mengharuskan penjelasan
lebih lanjut karena kosakata yang tidak sesuai
|
|
4.
Kelancaran
|
1
|
Sering berhenti dan diam selama dialog sehingga dialog tidak
tercipta
|
2
|
Sering ragu dan berhenti karena keterbatasan bahasa
|
|
3
|
Tidak terlalu lancaar karenrtentua menemui kesulitan bahasa
|
|
4
|
Dialog lancar, sangat sedikit menemui kesulitan
|
|
5. Comprehension
(Pemahaman)
|
1
|
Tidak dapat difahami bahkan dalam bentuk dialog yang singkat
sekalipun.
|
2
|
Sulit mengikuti dialog yang dilakukan kecuali pada bagian dialog
umum dengan percakapan yang perlahan-lahan dan banyak pengulangan
|
|
3
|
Sebagian besar isi percakapan dimengerti meskipun ada beberapa
pengulangan
|
|
4
|
Seluruh isi percakapan dapat difahami meskipun sesekali ada
pengulangan pada bagian-bagian tertentu
|
Penilaian Percakapan
No.
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Jumlah Skor
|
||||
Kriteria
1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
Kriteria 5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
Rumus perhitungan nilai:
Skor maksimalnya adalah 20
Sehingga perhitungan nilai akhir siswa adalah:

Komentar
Posting Komentar