Nama : Nugraha Sinaga
No. Reg :
7316168008
Kelas :
PB-A Reg
Rubrik
Penilaian Teks Cerita Ulang
Rubrik ini digunakan untuk
menilai kemampuan menulis teks cerita ulang siswa.
Penilaian Teks Cerita Ulang
Nama :
Judul :
Tanggal :
|
|||
Aspek
|
Deskriptor
|
Skor
|
Skor Maksimal
|
Isi
|
Sangat baik–sempurna: Menguasai topik tulisan, substantif; pengembangan tesis (pernyataan
pendapat) lengkap; relevan dengan topik yang dibahas.
|
27-30
|
30
|
Cukup–Baik:
Cukup menguasai permasalahan;
cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik tetapi tidak
terperinci.
|
22-26
|
||
Sedang–Cukup: Penguasaan permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik
tidak memadai.
|
17-21
|
||
Sangat kurang–Kurang: Tidak menguasai permasalahan;
tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.
|
13-16
|
||
Struktur Teks
|
Sangat baik–Sempurna:
Ekspresi lancar; gagasan
terungkap padat dengan jelas; tertata dengan baik; urutan logis; kohesif.
|
18-20
|
20
|
Cukup–Baik: kurang lancar; kurang terorganisasi; tetapi ide utama ternyatakan;
pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.
|
14-17
|
||
Sedang–Cukup: Tidak lancar, gagasan kacau/tidak terkait, urutan dan pengembangan kurang
logis.
|
10-13
|
||
Sangat kurang–kurang: Tidak komunikatif, tidak terorganisasi. (seluruh aspek tidak terpenuhi)
|
7-9
|
||
Kosakata
|
Sangat baik–sempurna:
Pemanfaatan
potensi kata canggih, pilihan kata, ungkapan tepat, dan menguasai pembentukan
kata.
|
18-20
|
20
|
Cukup–Baik:
Pemanfaatan potensi kata cukup
canggih, pilihan kata, dan ungkapan sesekali kurang tepat
tetapi tidak mengganggu.
|
14-17
|
||
Sedang–Cukup:
Pemanfaatan potensi kata terbatas, sering terjadi kesalahan penggunaan
kosakata dan dapat merusak makna.
|
10-13
|
||
Sangat
kurang–Kurang:
Pemanfaatan potensi kata asal-asalan,
pengetahuan kosakata rendah, tidak layak.
|
7-9
|
||
Kalimat
|
Sangat baik–Sempurna:
Konstruksi kompleks dan efektif.
Hanya sedikit terjadi kesalahan kebahasaan.
|
18-20
|
20
|
Cukup–Baik:
Konstruksi sederhana, tetapi
efektif. Terdapat kesalah kecil pada konstruksi kompleks. Terjadi sejumlah
kesalahan tetapi makna tidak kabur.
|
14-17
|
||
Sedang–Cukup:
Terjadi kesalahan serius dalam
konstruksi kalimat, makna membingungkan atau kabur.
|
10-13
|
||
Sangat kurang–Kurang:
Tidak menguasai tata kalimat.
Terdapat banyak kesalahan, tidak komunikatif, dan tidak layak dinilai.
|
7-9
|
||
Mekanik
|
Sangat baik–Sempurna:
Menguasai aturan penulisan,
terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan
penataan paragraf.
|
9-10
|
10
|
Cukup–Baik: Kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf
kapital, dan penataan paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna.
|
7-8
|
||
Sedang–Cukup:
Sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca,
penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas;
makna membingungkan
|
4-6
|
||
Sangat kurang–Kurang:
Tidak menguasai aturan
penulisan, terdapat banyak
kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan
paragraf; tulisan tidak terbaca. (seluruh aspek tidak terpenuhi)
|
1-3
|
||
Jumlah
|
|
100
|
Keterangan:
1.
Isi
Sangat baik –Sempurna = 27-30
Cukup baik –Baik = 22-26
Sedang –Cukup = 17-21
Sangat kurang –Kurang = 13-16
2.
Organisasi
Sangat baik –Sempurna = 18-20
Cukup baik –Baik = 14-17
Sedang –Cukup = 10-13
Sangat kurang –Kurang = 7-9
3.
Kosakata
Sangat baik –Sempurna = 18-20
Cukup baik –Baik = 14-17
Sedang –Cukup = 10-13
Sangat kurang –Kurang = 7-9
4.
Penguasaan
Bahasa
Sangat baik –Sempurna = 18-20
Cukup baik –Baik = 14-17
Sedang –Cukup = 10-13
Sangat kurang –Kurang = 7-9
5.
Mekanik
Sangat baik –Sempurna = 9-10
Cukup baik –Baik = 7-8
Sedang –Cukup = 4-6
Sangat kurang –Kurang = 1-3
Jumlah:
1. Isi : 30
2. Organisasi : 20
3. Kosakata : 20
4. Penguasaan
Bahasa : 20
5.
Mekanik : 10 +

100

Skor
Ideal
Komentar
Posting Komentar