TES PERFORMANSI
Penyusun : Ria Anggari Putri
Kelas : S2 Pendidikan Bahasa UNJ
NIM : 7316167159
Dosen
Pengampu : Prof. Dr. Endry
Boeriswati, M.Pd.
Dr. Sri Harini
Ekowati, M.Pd.
MATA PELAJARAN
|
Bahasa dan Sastra Indonesia
|
KELAS /SEMESTER
|
XI (sebelas) / 2 (dua)
|
PROGRAM
|
Umum
|
ALOKASI WAKTU
|
4
x 45 menit
|
KURIKULUM
|
KTSP
|
STANDAR KOMPETENSI
|
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan, notulen rapat, dan karya ilmiah
|
KOMPETENSI DASAR
|
12.3 Menulis karya ilmiah seperti hasil
pengamatan, dan
penelitian
|
ASPEK PEMBELAJARAN
|
Menulis
|
Soal : Buatlah sebuah karya ilmiah berdasarkan hasil pengamatan dan
penelitian yang Anda lakukan !
RUBRIK PENILAIAN PENULISAN KARYA ILMIAH HASIL
PENGAMATAN/PENELITIAN
NAMA :
KELAS/NO.
ABSEN :
TANGGAL
PENILAIAN :
KOMPETENSI DASAR : Menulis karya ilmiah
seperti hasil pengamatan/penelitian
No
|
Kunci/Kriteria /Aspek yang dinilai
|
Tingkat
|
Skor
|
Nilai
|
1.
|
Pemilihan dan perumusan tema
|
|||
·
Sangat menarik, sangat bernilai, sangat jelas.
|
Sangat
baik
|
20
|
|
|
·
Menarik, bernilai, jelas.
|
Baik
|
15
|
|
|
·
Cukup menarik, cukup bernilai, jelas.
|
Sedang
|
10
|
|
|
· Kurang menarik, kurang bernilai, kurang
jelas.
|
Kurang
|
5
|
|
|
|
||||
2.
|
Isi
|
|||
|
· Sangat memahami; sangat luas
dan lengkap; sangat terjabar; sangat sesuai dengan kutipan.
|
Sangat
baik
|
20
|
|
· Memahami; luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan
kutipan, meskipun kurang terinci.
|
Baik
|
15
|
|
|
· Memahami secara terbatas;
kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
|
Sedang
|
10
|
|
|
· Tidak memahami isi; tidak
mengena.
|
Kurang
|
5
|
|
|
|
||||
3.
|
Organisasi
|
|||
|
·
Sangat teratur dan rapi; sangat jelas; kaya akan
gagasan; urutan sangat logis; kohesi sangat tinggi.
|
Sangat
baik
|
20
|
|
·
Teratur dan rapi;
jelas; banyak gagasan;
urutan logis; kohesi tinggi.
|
Baik
|
15
|
|
|
·
Kurang teratur dan rapi; kurang jelas; kurang gagasan; urutan kurang logis; kohesi kurang
tinggi.
|
Sedang
|
10
|
|
|
·
Tidak teratur;
tidak jelas; miskin gagasan; urutan tidak logis; tidak ada
kohesi.
|
Kurang
|
5
|
|
|
|
||||
4.
|
Bahasa (Tata Bahasa dan
Struktur)
|
|||
|
·
Sangat menguasai tata bahasa; sangat sedikit kesalahan
penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
|
Sangat
baik
|
20
|
|
|
·
Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit
kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
|
Baik
|
15
|
|
|
·
Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana;
kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna
|
Sedang
|
10
|
|
|
·
Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ;
tidak komunikatif.
|
Kurang
|
5
|
|
|
||||
5.
|
Penulisan (Ejaan dan Tanda
Baca)
|
|||
|
·
Sangat menguasai
kaidah penulisan kata dan ejaan.
|
Sangat
baik
|
20
|
|
·
Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan
sedikit kesalahan.
|
Baik
|
15
|
|
|
·
Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan,
dengan banyak kesalahan.
|
Sedang
|
10
|
|
|
·
Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan,
tulisan sulit dibaca.
|
Kurang
|
5
|
|
|
|
Jumlah Skor Maksimal
|
|
100
|
|
Nilai Akhir : Jumlah nilai X 100
Skor Maksimal
Mengetahui : Jakarta, April 2017
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran.


Komentar
Posting Komentar