Tes Menulis Bahasa Arab
(Kemahiran
Menulis untuk Siswa Kelas XI SMA)
Diajukan sebagai Tugas Mata Kuliah
Evaluasi dan Pengukuran dalam
Pengajaran Bahasa dan Sastra
Dosen Pengampu: Prof. Dr. Endry
Boeriswati, M.Pd dan Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd
Disusun oleh:
Syifa Fauziah Anggraeni
(7316167163)
Pendidikan Bahasa REG A
Pascasarjana UNJ
Soal:
إِجْعَلِي قِصَةً قَصِيْرَةً عَلَى ۳
الفَقَرَات عَنِ "العُطْلَة" بِالمُتوَالِيَات:
· وَقْتُ
العُطْلَة
· مَكَانُ
العُطْلَة
· عَمَل
العُطْلَة
Buatlah
cerita pendek (wacana narasi) dalam tiga pargraf dengan topik “liburan”, dengan
memperhatikan:
- Urutan
waktu selama liburan
- Urutan
tempat selama liburan
- Urutan
kegiatan selama liburan
Rubrik
Penilaian Kemampuan Menulis Wacana Narasi
|
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Skor (1-10)
|
|
1.
|
Ketepatan
jenis wacana
|
· Berupa
wacana narasi, yaitu wacana yang bertujuan menceritakan suatu peristiwa
|
|
|
2.
|
Organisasi
Wacana
|
· Memuat
satu paragraf pendahuluan
· Memuat
paragraf tentang isi
· Memuat
satu paragraf penutup
|
|
|
3.
|
Keterpaduan
wacana
|
· Antara
paragraf satu dengan paragraf berikutnya berkaitan ditandai oleh adanya urutan
kronologis:
a.
Sesuai urutan waktu
b.
Sesuai urutan tempat
c.
Sesuai urutan kegiatan
|
|
|
4.
|
Struktur
kalimat
|
· Menggunakan
fiil madhi dalam wacana
· Menggunakan
mufrodat yang telah dipelajari
|
|
|
5
|
Ketepatan
penulisan ejaan dan tanda baca
|
· Tidak
ada kesalahan dalam penulisan ejaan
· Tidak
ada kesalahan dalam tanda baca
· Tulisannya
rapi
|
Kriteria
Penilaian Tes Menulis dengan Pendekatan Berbasis Genre
|
Jumlah Skor
|
Kategori
|
|
90-100
|
Sangat Mampu
|
|
80-90
|
Mampu
|
|
70-80
|
Cukup Mampu
|
|
60-70
|
Kurang Mampu
|
|
50-60
|
Tidak Mampu
|
Komentar
Posting Komentar